Kamis, 26 Februari 2009

Koryuuki part 2 neh….




Jadi setelah kemarin saya cerita ttg koryuuki putaran pertama, kita masuk bagian tengah. Pertandingan putra bagian kedua dimulai dengan Danny vs Tesar. Lagi2 dua orang yang bertemu di pertandingan Jakarta terpaksa ketemu lagi di pertandingan ini. Dan hasilnya bisa dipastikan, Tesar menang atas Danny dengan poin kote…. Di pihak lain, pertandingan Shun vs Ari (yang agak berat sebelah) dimenangkan Ari tanpa waktu lama, dengan poin kote. Naaaah….

Pertandingan putra yang terakhir di putaran ini seru. Samba vs Tiyok. Kenapa? Karena keduanya punya bakat yang setara…. Tiyok atau Samba? Pertandingan yang berat, tapi sungguh disayangkan… Tiyok tidak bertindak offensif… justru lebih defensif dan cenderung tidak mencari peluang untuk menyerang, kalaupun menyerang…arah serangannya jadi lebih mudah di blok Samba… dengan demikian, arah pertempuran (maksudnya pertandingan) sudah bisa dipastikan. Samba menang atas Tiyok setelah bersusah payah menembus defense Tiyok, dengan poin dou… Salut untuk pertarungan kedua jenius ini…
Di pertandingan putri… berhubung hanya 3 orang, dan 2 orang lainnya belum bertanding… maka Arness menang bye di putaran ini. Dina vs Myrna neh… pertarungan yang ga menyenangkan, karena ingat2 Jakarta. Sesuai dugaan, serangan pertama Dina adalah men. Disusul kote dan men bertubi2… lumayan keras dan seharusnya semua serangan bisa masuk… sayangnya, si Myrna juga ga mau mengulangi kesalahan Jakarta. Bertekad ga kalah untuk kedua kalinya dan dengan keberuntungan, satu serangan kote bisa masuk…. Dan itu satu2nya poin yang bisa membawa Myrna ke pertarungan berikutnya, bertemu Arness.

Pertandingan putra, Ari bye di semifinal langsung menuju final, sementara Tesar masih bertemu Samba… Hm…. Beda kekuatan, beda tipe pertarungan, dan beda pengalaman… saya pribadi mendukung Samba untuk maju, tapi tetap Boz… (panggilan buat Tesar a.k.a Saru) ga terkalahkan. Dua serangan, men dan kote menjadi penentu kemenangan Tesar untuk maju ke final.

FINAL PUTRA ::
Final putra yang ga saya sadari menjadi ajang pertemuan sekaligus pertarungan antar pemimpin organisasi kendo (Kendo ITS vs Kendo Unitomo) yang diwakili Ari vs Tesar. Bagaimana tidak? Meskipun pada awalnya, saya merasa keduanya teman2 saya di Koryuu (kendo Surabaya), tapi tidak bisa menutupi kenyataan bahwa saya harus mendukung Ari… hehehehe. Serangan Ari yang lebih +maaf+ pendek dari Tesar mulanya mengincar men dan kote… tapi karena defense Tesar untuk keduanya terlalu bagus, Ari mengubah pola serangan men-kote menjadi dou. Dou pertama Ari langsung masuk dan mendapatkan poin… dou yang cantik, karena jarak serangan yang benar2 sangat pendek tetapi akurat… sementara dou merupakan serangan yang sangat susah. Tidak berhenti di situ, Tesar tentu tidak menyerah… tidak lama Tesar berhasil memasukkan satu serangan kote… Perpanjangan waktu pertandingan tidak memakan waktu lama…. Karena LAGI2, ARI bisa memasukkan dou yang lumayan keras dan apik untuk memenangkan pertarungannya (2 pertarungan sekaligus : individu dan organisasi). Applause saya untuk Ari… karena dia berkembang melebihi ekpektasi saya…. +salute+


FINAL PUTRI ::
Final putri yang notabene memang hanya diikuti oleh anak2 ITS, merupakan pertandingan antara rookie putri yang dijagokan untuk menang, Arness, melawan Myrna. Huum… pertandingan yang seharusnya pemenangnya sudah bisa ditetapkan. Tapi, harga diri Myrna sebagai senpai kaya’nya tidak membiarkan dia mengalah begitu saja. Secara teknik, seharusnya Arness bisa lebih baik, beberapa kali serangan kote seharusnya menghasilkan poin… sayang, kurang powerful. Tiga kali perpanjangan waktu, yang terakhir diberi jeda untuk pertandingan final putra, benar2 melelahkan. Menghabiskan stamina, nafas, sampai paru2 rasanya sudah ga bisa diisi udara karena sesak… di detik2 terakhir, dua peserta ini seolah saling mengalah… tapi akhirnya pertandingan diakhiri.. dengan tragis oleh masuknya satu men (hiki men) ke Arness. Jadi… oke2 Myrna menang satu men atas Arness. Yah, keberuntungan yang menyenangkan juga… soalnya sama2 cape.

Dari review di atas, ITS menjadi juara umum di 3rd Koryuuki Kendo Championship… here’s the result :
1st Place Men : Ari Yusuf P - ITS
2nd Place Men : Tesar Pradita - Unitomo
1st Place Ladies : Myrna T S - ITS
2nd Place Ladies : Arness F H – ITS


Saya harus mengucapkan terima kasih banyak pada panitia (koryuu dan ITS), mas Moko, mas Iman, mas Arif, Sudo-sensei yang sudah merelakan hari minggunya dikacaukan anak2 koryuu +dan dengan senang hati mau menerima nasi bungkus+ untuk dina, Ari, Tesar, Shun, Danny, Boni, Yazied… untuk kerja kerasnya membuat lapangan pertandingan…

kemenangan ITS kali ini mungkin memang belum seberapa, tapi saya persembahkan kemenangan ITS kali ini untuk UKM Kendo ITS tercinta.. sebagai hadiah ulang tahun pertamanya +meskipun terlambat+… dan juga untuk senpai2 kendo ITS tercinta… yang dulu sudah mau bersusah payah (bahkan sampai sekarang masih mau direpoti)… semoga, ada perkembangan yang lebih baik… semoga ada perbaikan dan kemenangan2 selanjutnya, yang bukan hanya keberuntungan semata ^^.

Minna-san, arigatou gozaimasu….

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salut deh buat kalian. kalian emang pantas disebut "Hero"