Senin, 02 Februari 2009

koryuu...koryuu...dan koryuu lg

holaaaa....

setelah latihan sabtu lalu (31 januari 2008) ada beberapa hal yang sedikit banyak harus diberitakan nih... meskipun latihannya biasa2 aja, bahkan sensei juga ga ngelatih langsung karena sakit... tapi tetap ada bahan yang bisa dibagi2 dan didiskusikan.


setelah beberapa saat yang lalu saya memberitakan tentang perubahan struktur organisasi koryuu... saya menerima beberapa komentar yang sedikit bernada keberatan... yah, bagaimanapun itu hal yang wajar. perkembangan selanjutnya setelah perubahan struktural itu adalah beberapa keputusan yang buat saya merupakan hal baru dan cukup kontroversial. kenapa??? soalnya uji coba ini telah dilakukan di UKM Kendo ITS dengan beberapa keberatan, dan ternyata sekarang diadaptasi di koryuu. berikut hasil keputusan diskusi sabtu lalu :


1. MASALAH KEANGGOTAAN

a. anggota koryuu adalah anggota yang telah mendaftar secara langsung di koryuu, maupun anggota klub kendo lainnya yang aktif mengikuti latihan bersama koryuu (termasuk anggota UKM Kendo ITS dan Unitomo Kendo)
b. anggota yang tidak mengikuti latihan selama 3 bulan berturut-turut (tanpa perkecualian, dengan alasan apapun), keanggotaannya ditangguhkan (dianggap non-aktif).
c. apabila anggota non-aktif ingin kembali mengikuti latihan kendo, anggota non-aktif diwajibkan untuk mendaftar ulang.

melihat poin2 di atas, sang empunya "Bung Neni" kendo ITS dulu pasti teringat jaman2 waktu pasukannya berunding, gimana caranya bisa mengatasi anggota yang makin menurun jumlahnya dan SKEM. waktu itu seingat saya, kita lebih ekstrim. Bayangkan "3 MINGGU" berturut2 tidak latihan, tanpa konfirmasi apapun, keanggotaannya dicabut. wuihhh.... akhirnya, usul ini bisa masuk ke koryuu dan mudah2an bisa mengurangi kesulitan pendataan anggota di kemudian hari. Tapi jangan lupa y... sekretaris koryuu mesti UPDATE data anggota min 3 bulan, max 6 bulan sekali. klo ga yah... sama aja bohong. Berarti... ABSENSI KORYUU harus dilakukan kembali nih.

hehehehehe..... dalam bayangan saya, klo seperti ini sama aja semua anggota koryuu kena SKEM :))


2. MASALAH ADMINISTRASI

a. koryuu merupakan organisasi kendo yang berkedudukan di surabaya yang merangkul klub kendo lainnya di surabaya, yaitu UKM Kendo ITS dan Unitomo Kendo.
b. pendaftaran untuk menjadi anggota kendo di koryuu dilakukan pada waktu yang telah ditentukan.
c. masalah keadministrasian, baik administrasi umum dan yang berkaitan dengan keanggotaan, diurus oleh ketua-wakil ketua-sekretaris koryuu.
d. koryuu merupakan organisasi yang menghubungkan organisasi kendo lainnya di luar surabaya dengan anggota2nya.

nah poin d. dari no.2 itu termasuk bagaimana hubungan baik organisasi kendo se-Indonesia dan masalah pengiriman delegasi. tapi ini belum dibicarakan lebih lanjut sih.... masih dalam "rancangan mentah". mudah2an saat sekretarisnya sudah sembuh, semua bisa dibicarakan.


3. MASALAH PERALATAN

nah, ini bagian saia...

setelah kemarin saya cuap2 minta diperhatikan, akhirnya kemarin di forum saia utarakan.... dan lumayan membuahkan hasil. W-H-Y?? soale, Sudo-sensei ternyata juga menanyakan kondisi alat (bogu-shinai-tsuba) yang masih bisa dipakai. OK2... berikut report khusus dari saia :

- BOGU: dari total 35 bogu, 1 bogu dari yamaha rusak, 32 terpakai, 1 dalam kondisi mengenaskan, dan sisanya milik koryuu yang lama (tinggal 3 buah).

- TSUBA : secara umum, dari tsuba koryuu yang lama (total 18 buah) masih terpencar2 karena dipinjam, tapi saya harap masih utuh. soalnya klo ga, saya minta mereka ganti 2x lipat!! sementara masih ada sekitar 6-8 buah tsuba baru dari Masukata-sensei. jadi total tsuba... yah dihitung sendiri y??

Bwt anak ITS, balikin tsuba yang kalian pinjam!!! ITS punya 5 tsuba (seharusnya)


-SHINAI : nah, ini nih... yang sering jadi masalah saat latihan. shinai... mmmm.... belum saya hitung lagi (maaf lupa -_-), tapi yang rusak 4. dan rencananya akan diperbaiki sensei setelah latihan minggu depan (7 februari 2009). sisanya masih OK.

yang mau beli shinai.... saya rasa bisa nitip ke kita nie... ada yang mau?? atau neni... bisakah kita titip padamu?? tentu saja tanpa bunga yah.. ;)


berdasarkan data terakhir yang saya tunjukkan ke sensei (dan diterima sensei dengan ucapan, "begitu y")... rapat pengurus koryuu memutuskan hal berikut :

a. pemilik bogu bertanggung jawab penuh atas hak peminjaman dan pemakaian bogu. artinya, segala kerusakan yang disebabkan oleh pemilik bogu adalah tanggung jawabnya dan koryuu.
b. hak pinjam dan hak pakai bogu dibatasi oleh frekuensi latihan anggota pemakai bogu (a.k.a boguers)
c. hak pinjam dan hal pakai bogu oleh anggota akan dialihkan ke anggota lain bila "pemilik" bogu sebelumnya tidak mengikuti latihan selama 1 bulan.
d. apabila "pemilik" bogu pertama ingin memakai kembali bogunya, maka pemakaian bogu dilakukan secara bergantian dengan "pemilik" bogu kedua. (dalam kasus ini, kalau keduanya masuk di saat yang bersamaan)
e. apabila "pemilik" bogu pertama tidak mengikuti latihan selama 3 bulan berturut-turut, maka mengikuti no.1 poin c. dan pemakaian bogu seperti poin d.
e. apabila anggota koryuu (boguers) keluar dari keanggotaannya, semua peralatan harus dikembalikan ke koryuu.
f. apabila anggota koryuu berniat mengikuti latihan kendo di tempat lain, tidak diperkenankan menggunakan bogu milik koryuu.
g. peminjaman bogu untuk poin e. diperbolehkan dengan syarat bahwa peminjaman dilakukan oleh suatu organisasi kendo atau institusi (bukan perorangan). surat peminjaman disertai dengan list peralatan dan copy ID card, diserahkan minimal 1 bulan sebelumnya, maksimal 2 minggu sebelum kegiatan.
h. setiap akhir bulan, setiap peralatan yang digunakan harus dikembalikan ke sekretariat UKM Kendo ITS, untuk dilakukan inventarisasi ulang.
i. perawatan bogu merupakan tanggung jawab organisasi kendo di masing-masing universitas, pengguna, dan koryuu.

kira2 seperti itu.... fuiiihh, banyak ya?? nah klo mo diperhatikan yang poin e. minggu depan akan saya usulkan penggunaan blanko bermaterai untuk mengurangi penyalahgunaan bogu dan hilangnya alat, jadi pelanggaran terhadap poin e. bisa dituntut ke meja hijau. wuiiiii.... serem juga. Gimana menurut kalian??


4. MASALAH DUIDDDDDD.... (KEUANGAN MAKSUDNYA)

ini masih rencana yang juga belum saya iyakan sepenuhnya. keuangan akan dipegang sepenuhnya oleh koryuu... jadi anggota bayar ke koryuu, dan setiap "anak" organisasi koryuu tinggal minta duid dan laporan keuangan ke koryuu.

sampai saat ini saya masih belum bisa setuju. karena buat saya, kebutuhan koryuu dan ITS beda banget, dan bisa jadi ga semua anak ITS selalu aktif di koryuu. karena dalam kehidupan sehari2, ITS juga butuh keuangan sendiri untuk bisa menjalankan latihannya.

sebagai bendahara umum, saia masih menolak konsep ini. MAS ARIF, mari kita cari solusi yg lebih enak... meskipun cara ini juga cukup baik sih...


kira2 gitu deh... saia menunggu komen dari senpai2 di luar sana. soalnya klo ini OK, sistem ini akan dipakai juga di ITS sekitar bulan Juli, untuk menyeimbangkan sistem SKEM dan koryuu. siapa tahu komen senpi2 bisa memunculkan ide pengurus yg skrg.




p.s.:tolong y.... nulis komennya jangan di shout box... jadi saia bisa lihat dg jelas.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

senpai

saya kan latihan di malang, alat masih boleh pinjam kan?

saya tetep jd anggota kouryu. latihan min 1x sebulan.

saya akan tetep bayar iuran, dan juga ninggal ktp/fc ktp,

dan kl perlu surat pernyataan kl saya minjem alat dr kouryuu dan saya berjanji akan menjaga dengan baik,


dan mengembalikannya kalau memang saya sudah ga latihan/karena satu hal bogu harus di kembalikan

gmn2? :)

onegaishimasu

advent 7 shalom mengatakan...

Permisi..
Saya tadinya minat bgt ikt lat kendo, saking nafsunya sy udh terlanjur beli shinai tgl 7-02-11 kmrn.. Tp akhrnya sy mmutuskan tdk jd ikt.. Hwhw..
Singkat kata, shinai sy nganggur gak kpake sm sx ! Hwhwhw..
Please tlg beli shinai sy..
:(
Ukuran 39
DIJAMIN Masih SANGAT mulus.
Kalo gak prcaya,cek cod aja..
Kata yg jual wkt itu, Manufaktur cina,tp lisensi korea.
Sy jual 150 rb aja..
Sy btuh uang nih..hwhw..
Hub : 08989451272
Thankx